Tugas Teknologi Perkantoran "Peralatan"

 Peralatan kantor adalah alat maupun perlengkapan yang dimana akan digunakan ke dalam sebuah kantor yang akan berguna untuk kelancaran dari perusahaan ke dalam melakukan berbagai macam bentuk kegiatan administrasi yang ada.


Memilih Peralatan Kantor
Peralatan kantor terdiri dari 5 macam yaitu :
1. Perbekalan (office supplies)
Perbekalan yaitu alat/bahan yang digunakanuntuk membantu pekerjaan kantor agar lebih cepat, tepat, & baik. Contohnya : kertas, pena, tinta, printer, penghapus, stapler, gunting, penggaris, dll.
2. Mesin-mesin kantor (office machines)
yaitu alat yang digunakan untuk menghimpun, mencatat, & mengolah bahan-bahan keterangan dalam kantor yang bekerja secra mekanik, elektrik, & magnetik. Contohnya : komputer, laptop, LCD, mesin ketik, mesin fotocopy, kalkulator, scanner, mesin absensi.
3. Mesin komunikasi kantor (office communication machines)
adalah alat yang digunakan untuk melakukan komunikasi di lingkungan organisasi sendiri atau ke luar organisasi. Contohnya: telepon, interkom, telpon wireless, & faksimile.
4. Perabot kantor (office furniture)
yaitu benda-benda kantor yang terbuat dari kayu/besi untuk membantu pekerjaan kantor. Contohnya: meja, kursi, sofa, rak buku, lemari, filing cabinet, papan tulis, cash box & tempat koran.5. Hiasan/Interior kantor (office ornaments)


yaitu benda-benda yang digunakan untuk memperindah, memberi semangat, & kenyamanan dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. Contohnya: gambar presiden, struktur organisasi, patung, lukisan, tanaman, jam dinding, & kipas angin/AC.

Peralatan Kantor Berdasarkan Bentuknya
a. Berbentuk lembaran : peralatan kantor yang berbentuk lembaran/helaian. Contoh: kertas HVS, kertas folio, formulir, amplop, map, kertas karton, kertas buffalo, kertas stensil, dll.
b. Non-lembaran : peralatan kantor yang berbentuk non lembaran. Misalnya: pensil, pulpen, spidol, penggaris, dll.
c. Buku: peralatan kantor yang berbentuk buku. Misalanya: buku agenda surat, buku induk, buku tamu, dll.

Peralatan Kantor Berdasarkan Penggunaannya
a. Barang habis pakai adalah barang kantor yang penggunaannya hanya satu atau beberapa kali pakai/tidak tahan lama. contoh : kertas, tinta, karbon, pulpen, spidol.b.Barang tidak habis pakai adalah benda yang penggunaannya tahan lama. Contoh: stapler, gunting, penggaris, perforator, cutter.

Berdasarkan Keperluan Tulis-menulis
a. Khusus keperluan tulis menulis yaitu peralatan yang secara langsung digunakan untuk keperluan tulis-menulis meliputi kertas dan bahan yang digoreskan pada kertas. Misalnya: pensil, pulpen, pensil warna, stabilo, & tipe-ex.
b. Pendukung pekerjaan tulis menulis yaitu peralatan yang berguna untuk mendukung pekerjaan tulis menulis. Misalnya: stapler, isi stapler, lem, penjepit kertas, lakban, selotip.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pusat Pemerintahan

Pusat kesehatan

Pusat Pendidikan