Tugas Teknologi perkantoran "Sumber daya Manusia (SDM)"
Pengertian
SDM adalah singkatan dari sumber daya manusia. Yang mana manusia merupakan aspek yang sangat penting dalam sebuah perusahaan maupun organisasi. Sumber daya manusia adalah sumber paling penting dalam menentukan berkembangnya sebuah perusahaan atau organisasi.
Jika dalam sebuah perusahaan sumber daya manusianya kurang maka pekerjaan yang ada di perusahaan tersebut akan terhambat. Namun jika sumber daya manusia nya terpenuhi maka pekerjaan akan berjalan lancar. Tapi sumber daya manusia yang dibutuhkan bukanlah sumber manusia yang tidak memiliki kemampuan lebih.
SDM yang dipekerjakan pada sebuah perusahaan haruslah yang memiliki kemampuan dan keahlian dibidangnya. Agar tujuan dari perusahaan tersebut tercapai. Jadi sumber daya manusia sangatlah berpengaruh dalam sebuah perusahaan, sebab manusia adalah kunci dari perkembangan dan kemajuan sebuah perusahaan.
Fungsi Sumber Daya Manusia
Manusia menjadi kunci dari keberhasilan suatu pekerjaan pada sebuah perusahaan yang memiliki fungsi sangat penting. Berikut ada beberapa fungsi sumber daya manusia yang perlu diketahui :
1. Sebagai Tenaga Kerja
Fungsi yang pertama adalah sebagai tenaga kerja. Sumber daya manusia berfungsi sebagai tenaga kerja sebab manusia memberikan jasa melalui kemampuan yang dimilikinya. Dari tenaga kerja manusia bisa menghasilkan sesuatu yang berguna baik untuk kemajuan perusahaan.
2. Sebagai Pemimpin
Sumber daya manusia memang memiliki fungsi dan peran yang sangat penting dalam kemajuan perusahaan maupun organisasi. Karena sudah sangat jelas bahwa manusia bisa dijadikan seorang pemimpin. Apalagi jika kemampuan yang dimiliki sangat mumpuni dan bisa memajukan perusahaan.
Setiap manusia bisa saja menjadi pemimpin tapi belum tentu memiliki jiwa kepemimpinan, maka dari itu kualitas sumber daya manusia juga harus diperhatikan. Tidak mungkin perusahaan dipimpin oleh manusia yang kemampuannya kurang mumpuni. Sebab jika hal itu terjadi maka kerugian akan menghampiri perusahaan.
3. Berfungsi Sebagai Tenaga Ahli
Sumber daya manusia juga memiliki fungsi sebagai tenaga ahli dalam sebuah perusahaan. Kemampuan manusia dalam beberapa bidang khususnya teknologi dan pemasaran sangatlah penting untuk menunjang dan membangun perusahaan. Jika sumber daya manusia yang dimiliki sebuah perusahaan ahli dalam berbagai bidang dapat dipastikan perusahaan tersebut akan berkembang pesat.
4. Fungsi Evaluasi
Dengan adanya sumber daya manusia yang kompeten, maka setiap pegawai atau calon pegawai mendapat evaluasi dari SDM yang ada di perusahaan. Jika ada pegawai yang kinerja nya kurang mumpuni, maka SDM yang bergerak dalam bidangnya akan memberi pelatihan juga evaluasi.
5. Membangun Relasi
Membangun relasi dan melakukan negosiasi untuk menjalin kerjasama merupakan salah satu fungsi dari SDM. Untuk memajukan perusahaan maka semua SDM harus bekerja keras untuk mencapai tujuan tersebut. Semakin baik kinerja dari SDM nya maka tujuan yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan akan tercapai.
Kemudian apa saja sih skill yang harus dimiliki oleh SDM ? Nah disini ada 4 skill atau kemampuan yang harus dimiliki di antaranya :
1.Konseptual skills
SDM di Indonesia harus memiliki kemampuan konseptual. Bagaimana membuat perencanaan bisnis, men-scanning berbagai masalah di dalam maupun luar perusahaan untuk menentukan langkah strategis bagi perusahaan.
2.Bisnis skills
Donald mengatakan, kemampuan kedua yang harus dimiliki adalah bisnis skill. Yakni bagaimana SDM melayani konsumen. Dalam poin ini dibutuhkan proses enterpreneurship.
3.Organizatinal Skills
Poin ketiga menekankan pada kemampuan berorganisasi. Di sini, SDM memperlihatkan kemampuannya dalam mengeksekusi perencanaan bisnisnya.
SDM diajak untuk menyadari, tidak hanya diperlukan fokus terhadap tugas divisi, tapi juga kaitannya antara unit kerja.
4.Leadership
SDM yang mumpuni harus memiliki kemampuan leadership. Ia bisa menjaga hubungan kerja yang baik, memiliki empowerment management, soft skill, dan lainnya.
Selain itu para pekerja atau SDM memerlukan motivasi kerja. Motivasi kerja adalah pemberian daya penggerak yang menciptakan kegairahan kerja seseorang, agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan.
Motivasi dapat mamacu karyawan untuk bekerja keras sehingga dapat mencapai tujuan mereka. Hal ini akan meningkatkan produkitvitas kerja karyawan sehingga berpengaruh pada pencapaian tujuan perusahaaan.
Sumber motivasi ada tiga faktor, yaitu:
1.Kemungkinana untuk berkembang,
2.Jenis pekerjaan ,
3.Apakah mereka dapat merasa bagga menjadi bagian dari perusahaan tempat mereka bekerja.
Adapun cara dan tujuan dari motivasi kerja.
Cara untuk meningkatkan motivasi kerja ialah sebagai berikut :
•Memotivasi lewat sentuhan-sentuhan kecil
•Mengobarkan semangat bawahan dengan cara membuat mereka merasa penting
•Memberikan kritik yang konstruktif untuk bawahan
•Menggunakan taktik untuk mengatasi bawahan yang tidak loyal
Tujuan motivasi adalah :
•Meningkatkan moral dan kepuasan kerja karyawan.
•Meningkatkan produktivitas kerja karyawan.
•Mempertahankan kestabilan karyawan.
•Meningkatkan kedisiplinan karyawan.
•Mengefektifkan pengadaan karyawan.
•Meningkatkan suasana dan hubungan kerja yang baik.
•Meningkatkan loyalita, Kretifitas, dan partisipasi karyawan.
•Meningkatkan kesejahteraan karyawan.
•Mempertinggi rasa tanggung jawab karyawan terhadap tugas-tugasnya
•Meningkatkan efisiensi pengugunaan alat-alat dan bahan baku.
Komentar
Posting Komentar